Senin, 21 Oktober 2013

Bullying atau Penindasan



Bullying atau penindasan .. memang tidak terlalu ramai dibicarakan .. karna yang mengalami kebanyakan adalah anak sekolah .. komik dan buku-buku lebih sering membahasnya ketimbang media massa seperti televisi,, biasanya bila penindasan ini sudah disiarkan maka itu merupakan kasus yang besar dan sudah memakan korban jiwa. Salah satu kasus besar yang diberitakan dan mengundang perhatian masyarakat luas adalah tragedi IPDN (Institut Pendidikan Dalam Negeri). Bagaimana tidak kasus ini meledak karena banyak memakan korban. Penindasan yang dialami oleh mahasiswanya dilakukan oleh para senior yang merupakan tradisi yang telah sejak lama dilakukan oleh para mahasiswa disana. Dilihat dari segi mana pun itu merupakan hal yang tidak pantas untuk dilakukan.kekerasan yang dialami oleh para mahasiswa itu merupakan penindasan yang telah pada tingkat yang parah karna menyebabkan luka secara fisik hingga berakhir pada kematian. Sebenarnya penindasan selalu ada disetiap sekolah hanya saja keberadaannya tidak diketahui.
menurut saya penindasan terbagi 2 yaitu;
· penindasan secara Psikis
· penindasan secara Fisik
Dimana penindasan secara psikis adalah perlakuan yang diterima cenderung menekan dan mempengarui kejiwaan orang yang mengalami penindasan. Contoh : Pengucilan atau pengasingan dalam lingkungannya. Dimana tak ada seorang yang akan berinteraksi dengan korban. Sedangkan penindasan secara fisik adalah perlakuan yang diterima cenderung melukai secara fisik (dapat dilihat ). Contoh : pemukulan, penamparan,pelecehan dll.
Penindasan merupakan pembunuhan karakter yang dapat membuat korbannya menjadi kehilangan kepercayaan diri terhadap dirinya,menjadikannya terasing dari lingkungannya, membuatnya mengalami tekanan dalam dirinya atas apa yang telah dialaminya
Bila kita pikirkan apakah itu pantas untuk dilakukan?? Bukan kah semua manusia memiliki hak untuk menikmati kebebasan dan hak asasi manusa yang telah ada sejak dia lahir dan juga telah diatur dalam undang-undang tentang perlindungan hak asasi manusia atas semua umat.
Tapi kenapa masih aja ada yang melakukan penindasan?? Apa sih yang bisa didapatkan setelah melakukan penindasan?? Pengakuan? Kekuatan? Kepuasan? Perhatian? Sangat mengenaskan! Dilihat dari manapun kebahagian yang didapatkan setelah menyakiti seseorang bukanlah kebahagiaan tapi kelainan. Kenapa bisa senang setelah melakukan penindasan dan pembunuhan karekter pada oran lain sedangkan kita sendiri tidak pernah ingin mengalaminya. Menyakiti,melukai,dan merendahkan orang lain, pantaskah?? Sedangkan kita tidak pernah ingin diperlakukan seperti itu.
Dan bila kamu pernah mengalami penindasan saya tidak akan menyalahkan kalian bila kalian merasakan ketakutan. Karna ketakutan,rasa tak nyaman, kekecewaan,keterasingan dan ketidak adanya pengakuan terhadap kalian adalah hal yang kalian alami. Tapi jangan terus menerus diam. Bangkitlah. Kalian terlalu berharga untuk diperlakukan dengan menyedihkan seperti itu. Jangan putus asa, jangan terus merasa diri kalian rendah bangkitlah. Karna kalian tidak sendiri bahkan Lady Gaga dan Jason mras pernah juga mengalaminya dan kalian lihat sekarang mereka seperti apa ?? musisi yang terkenal didunia. Kalian tau kenapa mereka bisa seperti sekarang ?? karna mereka mau bangkit dan mengubah hidup mereka. Bangkit dan berubah jadi orang dengan semangat hidup baru itu tidak berarti mengubah jati diri kalian. Kalian mungkin saja ingin melupakan apa yang telah kalian alami. Tapi ingat lah apa yang kalian alami selalu memiliki hikmah didalamnya . tapi kalian juga mendapat pilihan sebelum melupakan kenangan itu yaitu kalian akan menjadi kuat dan bangkit lalu melupakannya atau terpuruk selamanya menjadi manusia tanpa punya pengharapan yang menyedihkan. Itu semua adalah pilihan kalian.
Jika kamu ingin berubah :
1. Berceritalah. Kalau kamu mengalami penindasan entah itu di sekolah, tempat les atau bakkan dilingkungan mu saya yakin kamu mempunyai banyak hal yang ingin dibicarakan dan dikeluhkan. Keluarkan lah uneg-uneg kalian pada orang yang bisa kalian percaya seperti orang tua,sahabat atau guru. Percayalah setelah kalian bicara kalian akan merasa sedikit tenang dan kalian akan mendapatkan masukan dan motivasi dari orang-orang terdekat kalian. Mereka pasti akan membantu kalian memikirkan jalan keluar yang terbaik untuk masalah kalian tersebut. Penindasan itu masalah juga lho!
2. Intropeksi diri. Mungkin kamu mengalami penindasan karna sikap kamu yang serba hyper itu, mungkin kamu suka sombong atau merendahkan orang lain atau mungkin juga kamu belagu . mending sikap kamu itu dibuang jauh-jauh deh sampe lautan atlantik karna sikap yang kayak gitu manusia aja gak suka apa lagi pencipta kita.
3. Bersikap apa adanya. Jangan sok baik kemereka atau jangan terlalu takut kemereka. Kalo mereka gak suka kalian karna kalian aktif dan disukai guru yah itu masalah mereka. Gak usah diladenin.
4. Aktif dihobi. Kalian pasti punya hobi, ditekunin aja siapa tau bakalan berguna dikedepannya nanti. Lagian hobi juga bisa jadi pelarian kita saat gak ada seorang pun yang mau dekat dengan kita. Dengan aktif dihobi atau hal yang kita senangi kita gak akan terus mikirin hal-hal yang terus ngeganjal dipikiran. Saatnya waktu dan pikiran kita hanya untuk hobi dan membahagiakan diri.
5. Berteman. Percaya gak percaya teman itu sangat berperan dalam proses pembahagiaan diri. Biar gak banyak pastikan kamu gak sendirian.
6. Pake prinsip masuk telinga kiri belum sempat masuk ke gendang telinga tapi dah mental lagi. Mau gak mau klo yang namanya kita gak disukai ma orang pasti aja ada yang namanya diomongin enggak-enggak jadi lebih baik kita gak usah dengerin kata-kata mereka. Tapi gak ada salahnya juga kita dengerin kata-kata mereka asal kita jangan langsung down aja. Dengerin klo emang bener tapi kalo itu bukan kamu banget atau menjurus ke mengada-ada ya udah gak usah dipeduliin. Terkadang mereka ‘sahabat’ yang secara gak langsung ngasi tau kekurangan kita yang sebenarnya emang untuk menjatuhkan kita tapi itu bagus kalo kita bisa merubahnya. Buktikan kita gak seperi yang mereka kira.
7. Berani. Keluarkan keberanian kamu. Apa lagi kalo mereka sudah menjurus kekerasan yang merugikan. Kalo gak berani yah lapor sama wali kelas atau guru bk. Disana masalah kamu akan diurus dan kamu jangan takut untuk bilang apa yang sebenarnya kamu alami dan telah mereka lakukan.
8. Positif thinking. Kamu harus terus berfikiran positif apa yang kamu alami bukan sepenuhnya salahmu. Kamu harus yakin apa yang kalian alami akan berguna dan menjadi pelajaran yang tak terlupakan. Asal kalian tau jika berhasil menjalaninya itu akan membentuk karakter yang kuat bagi kalian dan memberikan kamu kesadaran tentang pentingnya pengakuan hak dan kebebasan manusia. Jadi kamu akan memberikan kasih kepada orang yang pantas menerimanya dan memotivasi hidup mereka. Sekecil apapun peran kalian itu pasti akan sangat berharga.
Hanya itu yang bisa saya berikan. Hasil akhirnya tergantung dari kalian. Apa kalian ingin membahagiakan hidup kalian atau menyia-nyiakannya. kebahagiaan itu ada karna diinginkan lalu diciptakan bukan hanya diharapkan tanpa ada usaha untuk mencapainya.
Hidup mu itu adalah pilihan mu ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar